<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

5 Kuliner Khas Jogja Selain Gudeg Yang Bisa Anda Coba

5 Kuliner Khas Jogja Selain Gudeg Yang Bisa Anda Coba

DI Yogyakarta hingga saat ini masih menjadi tujuan favorit wisatawan baik turis lokal maupun mancanegara. Memiliki budaya yang tinggi. Jogja menawarkan banyak ragam wisata yang ada di setiap wilayahnya. Sebut saja wisata budaya, sejarah, alam dari pantai hingga gunung. Namun masih ada satu lagi yang tak boleh kita lupakan, yakni kuliner. Jika berbicara tentang kuliner Jogja, kebanyakan orang menyebut gudeg atau bakpia. Padahal provinsi ini mempunyai kuliner khas Jogja selain gudeg. Apa saja? Cek di bawah ini ya.

1. MieLethek - Kabupaten Bantul

Jika pernah mengunjungi Pantai Parangtritis Jogja itu berarti Anda pernah menginjakkan kaki di Kapubaten Bantul. Nah, salah satu yang kuliner legendaris di sana adalah mielethek. Walaupun lethek itu bermakna kusam atau kotor dalam bahasa Jawa. Nyatanya, makanan ini tak berasal dari kotoran.

Dinamakan lethek, karena warna mie yang terlihat kusam. Tapi jangan salah, meskipun lethek, rasa makanan ini top markotop. Serunya lagi makanan ini adalah favoritnya Barack Obama, Mantan Presiden Amerika Serikat. Ketika berlibur di Jogja, Obama memesan mielethek sebagai menu makanannya. Obama saja suka dengan mie ini, kok Anda belum mencicipinya?

2. Peyek Tumpuk - Kabupaten Bantul

Masih dari Kabupaten Bantul, kuliner khas Jogja selain gudeg lainnya adalah peyek tumpuk. Rempeyek atau peyek memang sudah menjadi camilan masyarakat Indonesia. Namun peyek tumpuk yang satu ini berbeda dari yang lain. Jika peyek biasanya pipih,namun peyek tumpuk justru seperti bongkahan kacang yang menumpuk.

Asiknya lagi, bukannya keras, peyek tumpuk justru terasa renyah ketika digigit. Untuk membuatnya, peyek tumpuk ini masih menggunakan resep tradisional dari pelopornya yakni Mbok Tumpuk.

3. Jangkrik Dan Belalang Goreng – Kabupaten Gunung Kidul

Sekarang kita bergeser di timur Jogja, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul. Bisa jadi Anda terheran-heran mengapa ada jangkrik dan belalang goreng sebagai kuliner khas Jogja selain Gudeg. Tapi tahukah Anda jika jangkrik dan belalang goreng merupakan camilan favorit di Kabupaten Gunung Kidul.

Rasanya yang renyah dan gurih membuatnya banyak diincar oleh para wisatawan. Tak usah jijik, nutrisi yang terkandung dalam dua camilan ini sangat baik untuk kesehatan. Bahkan saat ini orang-orang di Benua Eropa dan Amerika mulai menjadikan jangkrik dan belalang sebagai bahan makanan dalam menu sehari-hari. Mereka saja suka, mengapa kita tidak?

4. Jadah Tempe - Kabupaten Sleman

Jika berkunjung di obyek wisata Kaliurang Sleman, jangan lupa untuk membeli kuliner khas kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Salah satunya adalah Jadah Tempe. Sebenarnya jadah tempe adalah dua makanan yang berbeda. Namun jangan salah, jika dimakan bersamaan maka akan terdapat sensasi rasa gurih dari jadah dan manis dari tempe yang di bacem. Pokoknya rasanya sangat enak deh!

5. Wedang Gedang – Kabupaten Sleman (Kaliurang)

Tak hanya makanan, minuman juga perlu dicoba nih. Salah satu kuliner minuman yang bisa ditemui adalah wedang gedang. Sama seperti jadah tempe, Anda bisa mendapatkan minuman ini di sekitaran Kaliurang, tepatnya di sekitar Kaki Gunung Merapi.

Sekilas tampilannya mirip seperti kolak, hanya saja minuman ini tak bersantan. Pastinya bahan utamanya adalah pisang yang ditambahkan air yang terbuat dari daun panda, gula jawa, kayu manis, dan jahe. Pastinya minuman ini sangat nikmat disantap ketika dingin.

Sekarang Anda tahu jika kuliner Jogja tak hanya itu-itu saja. Masih sangat banyak kuliner khas Jogja selain gudeg. Pasalnya kekayaan kuliner Jogja sejatinya memang sangat banyak. Jadi jangan lupa untuk mencicipi 5 kuliner di atas ketika sedang berlibur di Jogja.

 

© 2019 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved