<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

5 Tempat Kuliner Khas Jogja Yang Legendaris

5 Tempat Kuliner Khas Jogja Yang Legendaris

Jika berlibur di Jogja tak akan afdol bila tidak mencoba berbagai kuliner khas kota wisata ini. Di samping destinasi wisatanya yang sangat menarik, Jogja pun dikenal mempunyai kuliner nikmat yang akan akan membuat lidah bergoyang. Beberapa di antaranya ialah kuliner legendaris yang sudah sangat populer karena cita rasanya tak pernah berubah walaupun tidak lagi dimasak oleh tangan pertama. Inilah 5 tempat kuliner khas Jogja yang legendaris.

1. Gudeg Pawon

Gudeg Pawon merupakan salah satu warung gudeg di Jogja yang sangat populer. Mulai buka pada tahun 1958, warung ini ramai dengan pelanggan yang berasal dari kalangan mahasiswa, artis hingga pejabat. Menu gudeg yang ditawarkan di warung ini merupakan gudeg basah yang sudah dilengkapi dengan ayam kampung dan sambal kresek pedas. Untuk bisa menikmati menu gudeg ini, para konsumen rela mengantri di dapur sejak gudeg pawon masih belum dibuka. Warung yang ada di jalan Janturan, Warung Boto ini dibuka dari pukul 22.30 sampai 1.00 WIB.

2. Sate Klathak

Berada di Jalan Imogiri Timur, Kabupaten Bantul. Warung yang satu ini sangat dikenal oleh masyarakat Jogja. Tak hanya itu, warung sate ini juga menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan ketika berkunjung di Jogja. Jika berada di warung ini, Anda akan disuguhkan cara yang unik. Jika biasanya daging sate disajikan dengan tusukan bambu atau lidi, maka warung ini memakai jeruji sepeda sebagai tusukan satenya. Tak hanya itu saja keunikannya, bila sate sering disajikan dengan bumbu kacang ataupun sambal kecap. Maka di warung ini, sate klathak disajikan dengan bumbu gulai, merica serta garam untuk bahan utamanya Hal inilah yang membuat para wisatawan penasaran untuk mencicipi sate klathak.

3. Bakmi Jawa Mbah Mo

Kuliner khas Jogja yang legendaris lainnya adalah Bakmi Jawa Mbah Mo. Berada di desa Code, Bantul, warung ini berada di perkampungan sehingga lumayan sulit ditemukan. Walaupun begitu, warung ini selalu ramai dengan konsumen. Cita rasa dan aromanya yang sangat khas membuat bakmi Jawa Mbah Mo ini memiliki daya tarik tersendiri. Masih mempertahankan ciri khas kompor tradisional yakni anglo, satu demi satu pesanan bakmi dimasak. Tentu saja pemakaian anglo ini malah menjadi penambah aroma yang sangat nikmat.

4. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man adalah salah satu pelopor angkringan di Jogja. Sudah ada sejak tahun 1960-an. Angkringan Lik Man hingga kini masih saja dicari para pelanggan. Menu andalan angkringan ini adalah kopi joss. Segelas kopi panas yang disuguhkan dengan menambah arang yang masih panas di dalamnya. Konon, kopi joss ini dapat membuat badan letih menjadi segar kembali. Sensasi unik inilah yang membuat Angkringan Lik Man menjadi sangat dikenal. Bukan hanya warga Jogja, para wisatawan lokal dan mancanegara pun mendatangi angkringan ini. Untuk mendatanginya Anda cukup ke utara Stasiun Tugu Yogyakarta.

5. Mangut Lele Mbah Marto

Mangut Lele Mbah Marto berdiri pada tahun 1989. Warung ini menjadi salah satu tempat kuliner khas Jogja yang legendaris. Walaupun berada di tengah perkampungan, warung Mangut Lele Mbah Marto selalu saja ramai dikunjungi konsumen. Kelebihan mangut lele di sini adalah cita rasa khas karena sebelum dimasak, daging lelenya telah diasapi di atas tungku memakai kayu bakar. Warung ini bisa Anda temui di Dusun Ngireng-ireng, Desa Panggungharjo, Bantul.

Kelima kuliner khas Jogja yang legendaris ini memang selalu dapat menjaga kualitas rasanya meski telah berusia di atas 20 tahun. Di antara lima kuliner di atas, manakah yang sudah Anda coba?

 

© 2019 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved