<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

5 Wisata Candi Di Jogja Yang Populer

5 Wisata Candi Di Jogja Yang Populer

Selain wisata kuliner, wisata candi di jogja juga banyak diminati para wisatawan baik itu wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Bangunan candi-candi bersejarah banyak tersebar di berbagai titik di Kota Pelajar tersebut. Selain spot wisata alam yang menarik, dengan berwisata ke candi-candi juga akan menambah wawasan anda terutama wawasan sejarah dan budaya. Anda berencana untuk melancong ke Jogja? Berikut ini 5 wisata candi di Jogja yang populer dan menjadi favorit para wisatawan :

1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan salah satu wisata candi di Jogja yang populer dan tidak pernah sepi pengunjung. Selain populer candi ini merupakan Ikon wisata dari Kota Jogja dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, Candi Prambanan juga termasuk salah satu warisan dunia yang diakui UNESCO dan merupakan candi terindah di Asia Tenggara. 

Tak heran jika Candi Prambanan banyak wisatawan asing yang berbondong-bondong mengunjungi candi yang satu ini. Untuk letaknya, Candi Prambanan berada kurang lebih 17 kilometer ke arah timur dari Kota Jogja. Tiket masuk ke Candi Prambanan pun cukup murah yaitu sebesar Rp 40.000,00 untuk dewasa dan Rp 20.000,00 untuk anak-anak.

2. Candi Ratu Boko

Wisata candi di jogja yang populer berikutnya adalah Candi Ratu Boko yang berada tidak jauh dari Kompleks Candi Prambanan. Ada tiket terusan yang bisa anda dapatkan untuk mengunjungi Candi Ratu Boko sekaligus. Setelah mengunjungi  Candi Prambanan, anda akan diantarkan menuju Candi Ratu Boko dengan menggunakan kereta kelinci.

Harga tiket masuk candi ini sama dengan tiket masuk Candi Prambanan yaitu Rp 40.000,00. Menurut cerita sejarah, dulunya Candi Ratu Boko merupakan bekas bangunan Istana Raja. Candi ini memiliki luas sekitar 250 meter persegi yang terdiri dari gapura utama, candi pembakaran, lapangan, pendopo, paseban hingga goa.

3. Candi Sewu

Jika melihat namanya, anda pasti mengira jika Candi Sewu terdiri dari seribu candi. Namun, pada kenyataannya kompleks candi ini hanya terdiri dari sekitar 257 candi. Candi Sewu mendapat julukan sebagai candi Budha terbesar kedua setelah candi Borobudur. Untuk letaknya, candi ini berada di Dukuh Bener, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan.

Bangunan Candi Sewu membentang dari lereng  Gunung Merapi bagian selatan hingga Pegunungan Sewu di perbatasan Jogja dan Klaten. Untuk menikmati keindahan candi ini anda hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp 10.000,00.

4. Candi Barong

Candi Barong termasuk salah satu wisata candi di Jogja yang populer dan merupakan peninggalan Kerajaan Hindu, Kerajaan Medang. Untuk lokasinya sendiri berada di Desa Sambirejo, sleman. Dulunya, Candi Barong digunakan sebagai tempat pemujaan Dewa Wisnu beserta istrinya, Dewi Laksmi.

Anda bisa menemukan Patung Dewa Wisnu dan Dewi Laksmi di bagian tertinggi candi ini. Untuk asal usul nama Candi Barong sendiri berasal dari relief Kala, dewa penguasa waktu yang bentuknya menyerupai barong. Untuk menikmati keindahan dari cahanya perlu membayar tiket masuk Rp 5000,00.

5. Candi Ijo

Candi Ijo bisa dikatakan sebagai wisata candi di Jogja yang populer dan mendapat predikat sebagai Candi Tertinggi di Jogja. Hal itu disebabkan karena candi ini berada pada ketinggian 375 mdpl. Selain letaknya di atas bukit, Candi Ijo juga memiliki bentuk bangunan yang unik berbentuk teras berundak.

Anda juga bisa menikmati keindahan kota Jogja dari ketinggian Candi Ijo ini. Dan yang paling menarik adalah fenomena sunset yang bisa anda saksikan dari candi hindu ini. Untuk mengunjungi Candi Ijo ini anda bisa menuju ke Desa Sambirejo, Sleman.  Jangan lupa menyiapkan uang Rp 5000,00 untuk tiket masuk.

 

© 2020 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved