<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

6 Situs Sejarah di Yogyakarta

6 Situs Sejarah di Yogyakarta

Indonesia memang terkenal dengan berbagai kekayaan alamnya. Tidak hanya itu, Indonesia juga menjadi salah satu surga bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Banyak sekali bagian kota ataupun wilayah di Indonesia yang menjadi favorit destinasi wisatawan. Salah satu yang terkenal adalah Jogja. Kota ini menawarkan beberapa destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata pantai, hingga wisata situs sejarah di Jogjakarta. Banyak cara yang bisa digunakan untuk berwisata di kota Jogja. Salah satu yang paling praktis dan mudah adalah dengan menggunakan jasa rental mobil Jogja. Dengan mengeluarkan biaya yang cukup terjangkau, Anda bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Penyedia jasa rental mobil Jogja bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menikmati keindahan panorama dan wisata sejarah di kota ini. Ada beberapa situs sejarah di Jogjakarta yang sangat menarik untuk Anda kunjungi ketika di Jogja. Selain dapat menyegarkan pikiran, wisata ini juga bisa menambah khasanah keilmuan Anda. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata situs sejarah di Jogjakarta.

1. Istana Air Taman Sari

Zaman dahulu, Istana Air Taman Sari digunakan sebagai tempat rekreasi dan meditasi bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Selain itu, istana ini juga digunakan sebagai benteng pertahanan saat ada musuh yang menyerang. Kondisi udara di tempat ini sangat sejuk, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin sejenak menyegarkan pikiran.

2. Candi Prambanan

Salah satu destinasi wisata yang wajib Anda kunjungi ketika berwisata ke Jogja adalah Candi Prambanan. Hal ini karena candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia.

Candi ini dihiasi oleh ukiran yang mengelilingi bagian candi, dimana ukiran tersebut mengisahkan tentang cerita Ramayana dan Krishnayana. Peninggalan bersejarah ini berlokasi sekitar 17 km dari pusat kota Jogja. Apabila Anda tidak membawa kendaraan pribadi, ada jasa rental mobil Jogja yang siap mengantar anda.

3. Candi Plaosan

Salah satu destinasi wisata sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan ketika berkunjung ke Jogja adalah Candi Plaosan. Tidak hanya memiliki bentuk yang unik, candi ini juga akan terlihat sangat memukau ketika matahari terbit.

Candi ini memiliki dua kompleks, yaitu Plaosan Lor dan Plaosan Kidul. Plaosan Lor memiliki relief yang menggambarkan wanita, sedangkan Plaosan Kidul memiliki relief yang menggambarkan wanita.

Keunikan yang dimiliki oleh candi ini yaitu terdapat pohon bodhi dan semacam altar yang dikelilingi oleh patung Buddha. Altar ini juga biasa digunakan untuk melakukan ritual keagamaan oleh umat Buddha.

4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah di Yogyakarta, yang selalu ramai didatangi oleh pengunjung. Disini, pengunjung dapat menyaksikan bangunan sejarah dari kesultanan Yogyakarta yang juga berfungsi sebagai tempat tinggal Sultan dan keluarganya.

Selain dapat menikmati arsitektur kesultanan yang etnik, Anda juga dapat mengunjungi museum untuk melihat koleksi barang-barang kesultanan Yogyakarta. Barang-barang ini merupakan hadiah dari raja Eropa. Anda bisa berkunjung kesini mulai jam 8 pagi hingga jam 2 siang.

5. Candi Borobudur

Terdaftar sebagai salah satu keajaiban dunia, Candi Borobudur menjadi salah satu destinasi wisata kebanggaan di Indonesia. Candi ini terletak di Magelang, tepatnya sekitar 40 km dari pusat Kota Yogyakarta.

Candi Borobudur memiliki relief dan patung Buddha dengan jumlah terbanyak di dunia. Karena dianggap sebagai tempat suci, lokasi ini juga dijadikan sebagai tempat ziarah oleh para biksu.

Anda akan diminta menggunakan sarung ketika masuk candi ini. Sarung sudah disediakan oleh petugas yang berada disana. Ini juga merupakan salah satu keunikan yang Anda dapatkan ketika berkunjung kesini.

6. Gunung Merapi

Situs sejarah di Jogjakarta yang terakhir adalah gunung Merapi. Gunung yang pernah meletus di tahun 2010 ini merupakan salah satu jajaran gunung aktif di Indonesia. Terletak di Yogyakarta, gunung ini juga menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Gudeg. Terutama para pecinta wisata alam dan pendaki gunung akan sangat cocok apabila berkunjung kesini.

Selain dapat menikmati panorama pegunungan yang asri, Anda juga melihat eloknya pemandangan matahari terbit di Puncak Gunung Merapi.

 

© 2020 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved