<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

7 macam Kuliner Khas Jogja Yang Tahan Lama & Cocok Untuk Oleh - Oleh

7 macam Kuliner Khas Jogja Yang Tahan Lama & Cocok Untuk Oleh - Oleh

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan kota yang sering menjadi tujuan para wisatawan. Baik itu wisatawan mancanegara maupun wisatawan lokal. Banyak sekali keindahan dan keunikan dari berbagai tempat wisata di kota gudeg ini yang jadi incaran para wisatawan. Selain berbagai tempat wisata yang menarik, Jogja juga mempunyai banyak sekali kuliner yang menjadi buruan wisatawan sebagai oleh-oleh. Berbagai macam kuliner khas Jogja yang tahan lama tersedia lengkap :

1. Geplak

Bahan dasar dari pembuatan geplak adalah gula, kelapa muda, dan pewarna makanan. Tersedia berbagai varian rasa yang menggoda seperti rasa durian, rasa nangka, rasa vanilla, rasa coklat dan rasa gula jawa asli. Warna dari geplak juga bermacam-macam ada yang hijau, pink, kuning, dan coklat. Semua menggugah selera terutama bagi anda yang menyukai rasa manis. Daerah penghasil geplak yang paling terkenal adalah di kabupaten Bantul Yogyakarta.

2. Bakpia

Jenis makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi. Bagi anda yang sering bepergian ke kota Yogyakarta pasti sering membeli bakpia ini sebagai oleh-oleh untuk di bawa pulang. Karena bakpia ini merupakan salah satu jenis kuliner khas Jogja yang tahan lama yang paling banyak diburu oleh wisatawan.

Bakpia adalah jenis makanan yang dibuat dari tepung berisi varian rasa dan dipanggang. Varian rasa dari bakpia ini juga macam-macam yaitu kacang hijau, coklat, durian, keju, ubi ungu dan masih banyak lagi. Anda tinggal pilih sesuai selera.

3. Yangko

Jenis makanan yang satu ini juga sangat populer di kota Yogyakarta. Terbuat dari tepung ketan dicampur dengan gula yang dicairkan. Yangko juga tersedia dengan berbagai rasa seperti anggur, strowberry, durian dan lain-lain. Sensasi yang ditimbulkan dari jenis makanan yang satu ini adalah agak alot tapi lembut dan terasa nyess di lidah. Penghasil yangko yang paling terkenal adalah di daerah Kota Gede Yogyakarta. Warna dari makanan ini juga bermacam-macam disesuaikan dengan rasanya.

4. Tasuba

Merupakan salah satu jenis makanan yang kekinian di kota Jogja yang saat ini menjadi incaran wisatawan sebagai oleh-oleh. Tasuba adalah tahu susu bakso yang mempunyai tekstur lebih padat jika dibandingkan dengan tahu bakso pada umumnya. Jenis panganan ini termasuk kuliner khas Jogja yang tahan lama hingga 6 bulan. Bentuk dan warnanya hampir sama dengan jenis tahu bakso lainnya.

5. Keripik Belut

Makanan yang satu ini juga termasuk kuliner khas Jogja yang tahan lama jika dibawa pulang untuk oleh-oleh. Keripik belut ini terbuat dari belut yang dilumuri dengan tepung lalu di goreng sampai kering/kriuk. Sebagai penguat rasa dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, ketumbar dan kemiri. Rasanya sangat gurih dan menggugah selera. Penghasil terbesar keripik belut adalah di kota Klaten Yogyakarta.

6. Belalang Goreng

Jenis makanan yang satu ini tergolong ekstrim. Selain terkenal dengan keindahannya kota Yogyakarta juga terkenal dengan kuliner nya yang ekstrim. Belalang goreng ini banyak ditemukan di kota Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. Bahan dasarnya adalah belalang pohon yang sudah dibersihkan lalu dicampur dengan bumbu terus di goreng sampai kering. Rasanya gurih, kriuk dan renyah pasti sangat berbeda dengan jenis makanan lainnya.

7. Peyek Mbok Tumpuk

Pada umumnya bentuk peyek adalah datar dan tipis. Tapi peyek mbok tumpuk bentuknya berbeda dengan peyek tersebut. Jenis peyek yang satu ini bentuknya tidak beraturan dengan tumpukan kacang tanah yang melimpah. Tumpukan kacang ini terjadi karena perbandingan dengan tepung adalah 2 : 1. Untuk rasa dijamin sangat renyah karena bumbu-bumbu yang digunakan sangat lengkap, seperti ketumbar, bawang putih, kemiri dan santan kelapa. Peyek ini sangat cocok buat oleh-oleh karena termasuk jenis kuliner khas Jogja yang tahan lama.

 

© 2020 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved