<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

7 Obyek Wisata Religi Di Jogja Yang Recomended

7 Obyek Wisata Religi Di Jogja Yang Recomended

Berwisata tidak selalu identik dengan senang-senang, hunting foto maupun shopping. Ada beberapa orang yang berwisata dengan tujuan untuk mendekatkan diri dengan Sang Pencipta atau yang dikenal dengan istilah wisata religi. Yaitu berwisata sambil berdo’a dengan mengunjungi tempat ibadah atau berziarah ke tempat-tempat suci. Terlebih jika anda berada di Jogja yang sangat kental akan budaya dan memiliki banyak sekali tempat wisata. Berikut ini adalah 7 Obyek wisata religi di Jogja yang recommended buat anda .

Masjid Kauman

Obyek wisata religi di Jogja yang pertama adalah Masjid Kauman atau yang lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Keraton. Masjid ini dibangun pada masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I. Untuk lokasinya sendiri berada di sebelah utara alun-alun Jogja. Lokasinya yang strategis membuat masjid ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan yang sengaja singgah untuk ibadah maupun sekedar hunting foto. Ketika memasuki masjid, anda akan menyaksikan ornamen-ornamen klasik yang menghiasi bangunan masjid.

Masjid PathokNagoro

Selain masjid di pusat kota, Keraton Jogja juga mempunyai 5 bangunan masjid yang dikenal dengan nama Masjid PathokNagoro. Obyek wisata religi di Jogja yang satu ini merupakan masjid kagungan dalem di wilayah Naragung. Selain sebagai tempat untuk melakukan kegiatan keagamaan, masjid ini juga difungsikan sebagai tempat untuk pertahanan rakyat. Ada 5 masjid PathokNagoro antara lain Masjid Dongkelan, Masjid Wonokromo, Masjid Mlangin, Masjid Babadan dan Masjid Plosokuning. Masjid-masjid tersebut masih mempertahankan bangunan klasiknya sehingga sangat menarik untuk dikunjungi.

Goa Maria Titis

Satu lagi obyek wisata religi di Jogja yang unik dan populer adalah Goa Maria Titis. Goa suci umat katolik ini bukanlah buah karya tangan manusia namun melainkan murni terbentuk dari alam. Tak heran jika batuan stalagtit dan stalagmitnya terlihat begitu unik dan sempurna. Uniknya lagi, saat memasuki goaanda akan disambut oleh kelelawar yang menghuni goa tersebut. Di dalam goa para pengunjung akan menjumpai patung Bunda Maria yang menjadi bunda suci umat katolik. Untuk lokasi dari goa ini terletak di daerah Paliyan, Gunung Kidul Jogja.

Klenteng Gondamanan

Buat anda umat Budha, jangan mengaku sebagai pecinta trip religi jika anda belum mengunjungi tempat ini Klenteng Gondamanan. Obyek wisata religi di Jogja yang satu ini bisa dikatakan sebagai saksi sejarah perkembangan etnis Tionghoa di Jogja. Bangunan ini memiliki tampilan seni arsitektur yang khas dan mewah. Tak heran jika Klenteng Gondaman menjadi tempat wisata yang banyak dikenal para traveller.

Sendang Sriningsih

Obyek wisata religi Sendang Sriningsih merupakan tempat keramat jaman dulu yang dijadikan tempat semedi. Sendang yang awalnya bernama Sendang Duren  ini dibangun sebagai tempat ziarah pada tahun 1935 dan diganti nama menjadi Sendang Sriningsih. Meskipun saat ini sumber asli sendang Sriningsih, namun para pengunjung masih tetap bisa mengambil air dari pancuran yang tersedia.

Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus (Gereja Ganjuran)

Gereja Hati Kudus Tuhan Yesus berada di Jalan Ganjuran, Sumbermulyo, Bantul. Tempat wisata religi yang satu ini memiliki keunikan tersendiri sehingga menarik untuk dikunjungi. Yaitu desain arsitekturnya yang bernuansa jawa serta do’a yang dilafalkan dengan menggunakan bahasa jawa.

Klenteng Pancowinatan

Obyek wisata religi di Jogja yang terakhir adalah Klenteng Pancowinatan atau yang lebih dikenal dengan nama Klenteng Kwan Kiong. Sesuai dengan namanya, klenteng ini berada di daerah Pancowinatan. Bangunan pada klenteng ini menyuguhkan nuansa yang mewah dengan tampilan yang didominasi warna merah dan kuning keemasan. Dan terlihat lebih indah serta megah dengan bentuk sudut atap yang meruncing.

 

© 2019 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved