<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Inilah 5 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja Yang Paling Terkenal

Inilah 5 Tempat Wisata Edukasi Di Jogja Yang Paling Terkenal

Jogja merupakan salah satu kota tujuan wisata terfavorit di Indonesia. Selain lekat dengan budaya, Jogja juga memiliki banyak sekali tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya tempat wisata biasa namun juga tempat wisata yang memiliki nilai edukasi. Sehingga jika anda berlibur bersama sang buah hati anda bisa sekalian mengajak mereka untuk bermain sekaligus belanja. Buat anda yang sedang merencanakan liburan bareng keluarga ke Jogja,berikut ini 5 tempat wisata edukasi di Jogja yang paling terkenal.

1. Taman Pintar

Tamar Pintar bisa dikatakan sebagai salah satu tempat wisata edukasi di Jogja yang paling terkenal dan tidak pernah sepi pengunjung. Untuk lokasinya sendiri cukup strategis yaitu berada di Jalan Panembahan Senopati no 13, Jogja. Taman ini didesain dengan konsep yang menarik dan tidak monoton sehingga anak-anak akan betah berlama-lama di tempat ini. Berbagai fasilitas yang bernilai edukasi dipersiapkan untuk para buah hati yang ingin bermain sekaligus belajar. Mulai dari rumah pohon, istana pasir, jembatan goyang, desaku permai, dinding berdendang, air menari, cakram spektrum warna dan lain sebagainya. Anak anda juga bisa merasakan fenomena alam seperti rambatan goyang dan lain sebagainya. Belum lagi dengan adanya bangunan gedung oval yang memaparkan proses terbentuknya alam semesta.

2. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja Kembali atau Monjali merupakan salah satu tempat wisata edukasi di Jogja yang lekat akan nilai patriotism. Monjali dibangun untuk mengenang peristiwa kembalinya pemerintahan Indonesia setelah pasukan belanda di tarik mundur dari Jogja pada tanggal 29 Juni 1949. Ada banyak relief dan benda lainnya yang menggambarkan kondisi pada rentang tahun 1945-1949. Dengan mengunjungi Monjali maka anak anda bisa sekaligus belajar sejarah demi menumbuhkan rasa patriotisme dalam diri anak anda.

3. Museum Gunung Merapi

Tempat wisata edukasi di Jogja selanjutnya adalah Museum Gunung Merapi. Museum yang berada di kawasan lereng Gunung Merapi ini menyimpan banyak sekali benda-benda bersejarah yang menarik untuk dikunjungi. Museum ini juga didesain sebagai wahana edukasi konservasi berkelanjutan dan pengembangan ilmu kebencanaan seperti gempa bumi, gunung berapi, dan sebagainya. Disini, para pengunjung akan dijelaskan mengenai terjadinya gunung berapi yang disertai dengan tampilan simulasi aliran magma pada gunung berapi.

4. Perpustakaan Grhatama Pustaka

Jika mendengar kata perpustakaan tentu yang terbayang hanyalah tumpukan buku dan suasana yang membosankan. Namun berbeda dengan perpusatakaan yang satu ini yaitu Perpustakaan Grhatama Pustaka. Konsep yang dihadirkan oleh Perpustakaan Grhatama Pustaka memang cukup unik dan menarik. Salah satunya yaitu dengan adanya bioskop 6D di lantai dasar yang belum pernah dijumpai di perpustakaan lainnya. Bisa dibayangkan betapa keren dan serunya film yang dihadirkan di bioskop 6D ini. Selain itu, di perpustakaan ini juga menyediakan tempat bermain dan alat permainan yang beragam. Dan layaknya perpustakaan pada umumnya, Perpustakaan Grhatama Pustaka juga menyediakan banyak koleksi buku dari berbagai genre.

5. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu Lumbung bisa dikatakan sebagai tempat wisata edukasi di Jogja yang menyatu dengan alam. Tempat wisata yang satu ini menawarkan konsep yang unik dalam menanamkan pendidikan karakter pada anak-anak. Contohnya adalah menanam pohon, membantu memasak di dapur, mencuci peralatan masak sendiri dan melayani sesama pengunjung. Kerennya lagi, pengunjung yang datang membawa 3 buku untuk disumbangkan di perpustakaan maka akan mendapatkan makanan atau souvenir gratis. Dengan begitu, anak anda akan belajar tentang kemandirian, saling menghormati, dan juga kesederhanaan di tengah kehidupan masyarakat yang sangat hedonis. Benar-benar edukatif banget ya.

 

© 2020 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved