<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Kotagede, Wisata Kota Tua di Jogja Yang Mempesona

Kotagede, Wisata Kota Tua di Jogja Yang Mempesona

Walaupun perkembangan zaman terus menunjukkan perubahan kearah yang lebih modern, namun tidak dengan Jogjakarta. Di era perkembangan zaman ini, selain mengikuti perkembangan Jogjakarta juga tetap mempertahankan warisan leluhurnya. Bahkan kini warisan leluhur itu dapat dinikmati oleh semua kalangan. Contoh dari warisan leluhur yang tetap dapat mempertahankan eksistensinya yaitu wisata kota tua di Jogja. Wisata kota tua ini berada di Kotagede yang merupakan salah satu kota di Jogjakarta.

Bagi anda yang ingin mengunjungi wisata kota tua di Jogja ini anda dapat memanfaatkan rental mobil Jogja. Disanaanda dapat mengunjungi beberapa tempat wisata dengan suasana tempo dulu. Bahkan anda juga dapat berfoto untuk mengabadikan kunjungan anda, namun anda harus tetap memperhatikan peraturan yang ada.  Berikut ini beberapa spot wisata kota tua di Jogja yang disuguhkan oleh Kotegede dan wajib anda kunjungi.

1. Makam Raja Mataram

Makam Raja Mataram ini berada di dalam tembok yang menjulang tinggi dan melindungi makam tersebut. Di dalam makan tersebut ada makam para tokoh pendiri Kerajaan Mataram. Di pintu masuk makam ini, ada gapura yang berarsitektur khas Hindu, yang sekilas mirip seperti bangunan yang ada di Bali. Selain itu, juga terdapat pintu yang kokoh dengan ukiran yang indah. Makam ini dijaga oleh para Abdi Dalem Keraton Jogjakarta. Dan yang menariknya para Abdi Dalem ini menjalankan tugasnya dengan mengenakan pakaian Adat Jawa.

2. Masjid Agung

Selain terdapat makam Kerajaan Mataram, ada juga Masjid Agung Kotagede yang tak kalah menariknya. Masjid Kotagede ini berada tidak jauh dari kompleks makan Raja Mataram. Masjid ini merupakan masjid tertua Kota Jogjakarta. Bangunan dari Masjid Agung ini sama dengan konsep yang ada di makam Raja Mataram. Bangunannya mirip dengan bangunan yang ada di Bali. Bagi anda yang tengah singgah ke Kotagede, kunjungan anda belum lengkap jika belum singgah ke Masjid Agung Kotagede ini.

3. Pemukiman Penduduk

Jika anda rindu dengan suasana Jawa tempo dulu, wisata kota tua di Jogja adalah pilihan yang tepat. Disinianda dapat mengunjungi pemukiman penduduk dengan rumah yang berarsitektur tradisional Jawa asli. Untuk berkunjung ke pemukiman ini anda akan disambut dengan gapura rendah yang bertuliskan Cagar Budaya. Bangunan rumah Kotagede ini masih terawat dengan baik dan masih berfungsi sebagai tempat tinggal. Bagi anda yang berkunjung kesini jangan lupa mengabadikan momen anda dengan berfoto ya.

4. Benteng

Di Kotagede ini terdapat benteng yang telah runtuh dengan luas 400 x 400 meter. Yang menarik dari benteng ini adalah meskipun telah runtuh namun tetap terjaga dan terawat dengan baik. Diantara reruntuhan benteng tersebut ada parit yang dulu digunakan sebagai benteng pertahanan Keraton Jogjakarta. Benteng ini memiliki ketebalan 1,2 meter yang terbuat dari bongkahan batu besar.

5. Pasar Legi

Dan bagi anda yang ingin berburu oleh-oleh setelah mengunjungi Kotadege, anda dapat mengunjungi Pasar Legi. Pasar Legi ini merupakan pasar tradisional yang telah ada sejak zaman kerajaan dan masih digunakan sampai sekarang. Uniknya lagi, walaupun telah mengalami renovasi, arsitektural dan posisi bangunannya tidak berubah. Di Pasar Legi ini anda akan menjumpai berbagai macam makanan tradisional khas Jawa. Untuk mengunjungi Pasar Legi ini anda dapat memanfaatkan rental mobil Jogja yang siap untuk mengantar anda. 

Demikian spot menarik di Kotagede sebagai wisata kota tua di Jogja yang harus anda kunjungi. Untuk dapat berkeliling Kotagede anda dapat memanfaatkan rental mobil Jogja untuk memudahkan perjalanan anda. Selamat berlibur di kota tua Jogja, semoga berkesan.

 

© 2022 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved