<style type="text/css"> .wpb_animate_when_almost_visible{opacity:1}</style>

Wisata Embung Di Jogja Yang Banyak Diminati Wisatawan

Wisata Embung Di Jogja Yang Banyak Diminati Wisatawan

Embung atau biasa dikenal dengan sebutan nama waduk pada umumnya dibuat untuk mengairi area pertanian atau perkebunan. Untuk saat ini embung menjadi area wisata yang banyak dikunjungi wisatawan. Wisata embung di Jogja merupakan salah satu dari banyaknya embung yang ramai dikunjungi wisatawan. Di Jogja terdapat beberapa embung yang banyak dikunjungi wisatawan. Wisata embung di Jogja memang menarik untuk dikunjungi karena daerah sekitar embung dibuat seindah mungkin agar pengunjung nyaman dan betah.

Di Yogyakarta memang terdapat beberapa embung atau waduk. Akan tetapi mungkin belum banyak yang tahu tentang wisata embung di Jogja. Dari sekian banyaknya embung yang ada di Jogja berikut kami rangkum embung yang bagus dan selalu ramai dikunjungi wisatawan :

1. Embung Banjaroya

Yang pertama adalah embung banjaroya merupakan salah satu wisata embung di Jogja yang selalu ramai dikunjungi wisatawan. Embung ini terletak di daerah perbukitan Menorah, Kulon Progo, Jogja. Waduk ini berada di daerah perbukitan jadi jika saat cuaca cerah kita bisa melihat gunung merapi dan merbabu lebih dekat. Jika berkunjung ke embung ini hanya perlu membayar biaya parkir Rp. 3000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

2. Embung Kleco

Selanjutnya embung kleco yang terletak di perbukitan tidak jauh letaknya dengan embung banjaroya. Sangat pas jika ingin menikmati keindahan alam yang bernuansa sejuk. Pemandangan gunung yang tampak dari embung ini membuat nyaman para wisatawan yang berkunjung. Di embung klecoanda hanya membayar biaya parkir Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

3. Embung Tambakboyo

Embung yang selanjutnya yaitu tambakboyo merupakan embung yang cukup luas dan berada di Sleman Yogyakarta. Waduk atau embung ini mempunyai luas 7,8 hektar. Adapun fungsi dari waduk ini sebenarnya untuk cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Yogyakarta. Dari keindahan waduk tambakboyo saat ini digunakan wisatawan untuk rekreasi bahkan bisa juga untuk memancing.

Di daerah sekitar embung terdapat penginapan yang disediakan untuk menginap wisatawan yang dari luar daerah. Di embung ini anda hanya dikenai membayar biaya parkir yaitu untuk motor Rp. 5000 dan mobil Rp. 10.000. Sedangkan untuk menginap perharinyaanda akan dikenai biaya Rp. 50.000.

4. Embung Nglanggeran

Embung nglanggeran dulunya adalah sebuah bukit yang bernama gunung Gandu. Bukit tersebut dikeruk agar bisa menampung air hujan serta digunakan penampungan air sumber dari Sumurup yang berada di gunung Nglanggeran. Fungsi waduk ini adalah untuk mengairi kebun buah masyarakat setempat yang luasnya sekitar 2 hektar.

Sekarang tidak sedikit wisatawan yang berkunjung menikmati embung serta keindahan kebun buah yang ada di sekitarnya. Embung nglanggeran berada di daerah Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Harga masuk ke lokasi wisata ini hanya membayar biaya parkir sebesar Rp. 5000 untuk motor dan Rp. 10.000 untuk mobil.

5. Embung Batara Sriten

Dan yang terakhir adalah embung Batara Sriten yang berada di Gunung Kidul tepatnya desa Pilangrejo, Nglipar. Termasuk salah satu wisata embung di Jogja yang lumayan ramai dikunjungi wisatawan. Embung sriten diproyeksikan untuk mengairi kebun buah manggis dan kelengkeng yang berada di perbukitan Baturagung.

Selain itu embung ini juga digunakan pengunjung untuk berwisata serta menikmati pemandangan bukit bukit, persawahan bahkan perkampungan. Untuk harga tiket masuk ke embung batara sriten hanya perlu membayar tiket sebesar Rp. 2000 saja.

Itulah 5 embung di Jogja yang banyak diminati oleh wisatawan. Anda sebaiknya juga mencoba untuk datang kesana. Nikmati keindahannya dan rasakan sensasi pemandangan eksotis yang belum pernah dijumpai.

 

© 2021 AYLA TOUR - Paket Wisata Jogja . All Rights Reserved